Karier Umum

Ilmu selama TAR PDE 2022


Dalam kurun waktu 21 hari mengikuti Penataran Pengolahan Data Elektronik TA 2022 banyak hal yang saya dapatkan terutama ilmu yang disampaikan oleh Penatar. Hal-hal baru banyak diterima dan membuat saya semakin menambah ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi yang menuntut saya harus lebih menggali banyak ilmu pengetahuan terutama ilmu komputer. Penatar mengawali penyampaian materi ICT (Information Computer Technology) dimana saya bisa tehu bagaimana perkembangan jaman manual hingga digital. Begitu juga perangkat yang digunakan dari masa ke masa semakin canggih. 

Kemudian Penatar juga menyampaikan ilmu bagaimana kita menulis secara digital dengan Ms. Word. Tidak berhenti sampai disitu saya juga diajarkan bagaimana bermain logika di Ms. Excel dan mengolah data dalam bentuk tabel dan diagram. Lebih lengkap lagi ketika Penatar memberikan materi MS. PPT karena  disitu lah saya dituntut kreatif dalam membuat presentasi agar lebih menarik. 

Selain itu saya dikenalkan pada produk keluaran dari Google yaitu Google Docs, Google SpreadSheets dan Google Slide serta Google Form yang semakin menambah interaktif karena pada produk tersebut kita bisa kerja secara bersama-sama, saling mengoreksi dan saling melengkapi.

Ada satu materi yang merupakan kolaborasi antara Ms. Word dan Ms. Excel yaitu Mail Merge. Materi ini memudahkan saya dalam menyelesaikan pekerjaan. Misalnya dalam pembuatan label undangan tidak perlu mengetik sejumlah undangan, hanya cukup satu lembar undangan dengan tujuan dan lamat yang banyak.

Penatar semakin melengkapi ilmu pengetahuan untuk bekal di satuan dengan pengenalan materi flowchart. Materi ini merupakan materi dasar dalam pembuatan sebuah aplikasi. Penatar mengajarkan bagaimana menuangkan pemikiran melalui sebuah simbol (diagra alur).

Kemudian agar ilmu yang didapat selama penataran dapat dikemas pada sebuah media online, Penatar memberikan materi bagaimana membuat blog. Jadi materi yang telah disampaikan bisa bisa dengan mudah kita akses melalui komputer/Hp.

Disamping  mendapatkan ilmu pengetahuan, saya juga bisa menjalin silaturahmi dengan para prajurit perwakilan dari setiap Kodam di seluruh Indonesia. Silaturahmi diantara prajurit sangat penting dalam menunjang pembelajaran kedapannya karena dari mereka juga saya banyak dapat ilmu. Tidak hanya selama penataran, silaturahmi yang terjaga bisa menunjang dalam pengembangan ilmu ketika sudah kembali di satuan masing-masing. Misalnya ketika saya mengalami kesulitan bisa bertanya kepada rekan penataran.


Komentar